Pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan.
Proses pemasaran
- Pertama, pemasar harus memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan
- Berikutnya, pemasar merancang strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan dengan tujuan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan sasaran
- Dalam langkah ketiga, pemasar membangun program pemasaran yang benar-benar memberikan nilai unggul
- Seluruh langkah ini membentuk dasar bagi langkah keempat, membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan, dan menciptakan kepuasan pelanggan.
- Pada langkah terakhir, perusahaan mendapatkan hasil dari hubungan pelanggan yang kuat dengan menangkap nilai dari pelanggan
Konsep Inti Pasar
Konsep inti pasar mencakup:
- Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
- Penawaran pasar (produk, jasa dan pengalaman)
- Nilai dan kepuasan
- Pertukaran dan hubungan
- Pasar
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target pasar tersebut.
Lima orientasi pasar
- Konsep produksi menyatakan bahwa tugas manajemen adalah meningkatkan efisiensi produksi dan menurunkan harga
- Konsep produk menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur inovatif terbaik; karena itu hanya diperlukan sedikit usaha promosi
- Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi kecuali organisasi mengadakan penjualan dalam skala besar dan usaha promosi
- Konsep pemasaran menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan target pasar dan menghantarkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing
- Konsep pemasaran berwawasan sosial menyatakan bahwa menghasilkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan sosial jangka panjang adalah kunci untuk mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi tanggug jawabnya
Strategi Menangkap Kembali Nilai dari Pelanggan
- Tujuan pemasar adalah membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat
- Sebagai imbalan karena telah menciptakan nilai bagi pelanggan sasaran, perusahaan menangkap kembali nilai dari pelanggan dalam bentuk laba dan ekuitas pelanggan
Manajemen Hubungan Kemitraan
- Dalam membangun hubungan pelanggan, pemasar yang baik menyadari bahwa mereka tidak dapat berjalan sendiri
- Mereka harus bekerjasama dengan mitra perusahaan didalam dan diluar perusahaan
- Selain mampu melaksanakan manajemen hubungan pelanggan yang baik, mereka juga harus mampu melaksanakan manajemen hubungan kemitraan yang baik
Perubahan Dramatis dalam Pemasaran
Perkembangan pesat teknologi komputer, telekomunikasi, informasi, transportasi, dan teknologi, dan teknologi lain telah menciptakan cara baru yang menarik untuk mempelajari dan melacak pelanggan dan menciptakan produk dan jasa yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan perorangan.
Tanggung jawab etika dan sosial
- Pemasar kini juga mempelajari kembali tanggung jawab etika sosial mereka
- Pemasar diharapkan mengambil tanggung jawab yang lebih besar atas dampak sosial dan lingkungan dari tindakan mereka
Perkembangan baru yang utama dalam pemasaran
- Perkembangan baru yang utama dalam pemasaran dapat disimpulkan menjadi satu kata yaitu hubungan
- Saat ini, semua pemasar mengambil keuntungan dari peluang baru untuk membangun hubungan dengan pelanggan mereka, mitra pemasaran mereka, dan dunia disekitar mereka
0 komentar:
Posting Komentar